RajaKomen

7 Makanan Ini Ternyata Bisa Membantu Pemulihan Terhadap Penderita Stroke

3 Jan 2021  |  399x | Ditulis oleh : Admin
7 Makanan Ini Ternyata Bisa Membantu Pemulihan Terhadap Penderita Stroke

Penyakit stroke adalah gangguan atau adanya kerusakan pada otak akibat suplai darah yang terganggu. Gejala stroke yaitu sulit berjalan, berbicara, dan memahami, serta kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai. Untuk anda yg sedang dalam pemulihan akibat stroke, 7 makanan ini bisa sangat membantu dalam pemulihan stroke anda.

Berikut makanan tersehat yang dapat membantu pemulihan stroke anda;

Blueberry (Flavonoid)

Blueberry telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif kemungkinan karena flavonoidnya, yang dikenal dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak. Jika dokter Anda menyarankan diet rendah lemak untuk membantu mengelola faktor risiko strokeseperti kolesterol tinggi, blueberry bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda.

Delima (Antioksidan)

Baik Anda memakannya atau meminum jusnya, buah delima kaya akan antioksidan kuat , yang membantu melindungi Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Karena otak paling sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas, buah delima dengan mudah masuk dalam daftar makanan terbaik untuk pemulihan stroke.

Tomat (Likopen)

Tomat menjadi tren setelah diketahui kaya akan antioksidan likopen. Meskipun buzz telah memudar, itu masih merupakan pilihan diet yang bagus untuk pasien stroke. Likopen ditemukan memberikan manfaat pelindung saraf dan mengurangi efek kerusakan otak akibat stroke iskemik pada tikus.

Banyak suplemen likopen yang sekarang tersedia, tetapi kami merekomendasikan untuk mendapatkan likopen Anda langsung dari sumbernya. Jika Anda memilih sup tomat, berhati-hatilah untuk menghindari merek dengan banyak tambahan gula.

Kacang dan Biji-bijian (Vitamin E)

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik, antioksidan yang mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Meskipun lebih banyak penelitian diperlukan untuk membuktikan bahwa vitamin E secara khusus membantu pemulihan dari stroke, hal itu masuk daftar karena manfaat peningkatan otak sudah jelas.

Alpukat (Asam Oleat)

Materi abu-abu di otak Anda yang memproses informasi bergantung pada asam oleat untuk bekerja dengan kecepatan optimal, dan alpukat adalah sumber asam oleat yang sangat baik. Ini juga merupakan sumber antioksidan yang bagus.

Satu ulasan mengklaim bahwa antioksidan unik dalam alpukat “mungkin menjanjikan sebagai agen pelindung saraf yang efektif”. Coba tambahkan seperempat alpukat ke sandwich, salad, atau smoothie Anda.

Kacang (Magnesium)

Magnesium menawarkan ” perlindungan saraf yang signifikan ” dalam berbagai model stroke pada tikus.

Sementara lebih banyak penelitian diperlukan untuk membuktikan manfaatnya bagi pemulihan stroke pada manusia, magnesium membuat daftar karena perannya dalam fungsi neuromuskuler. Kacang adalah sumber magnesium yang sangat baik. Beberapa cara lezat untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda termasuk hummus dan saus kacang hitam.

Anggur Merah (Polifenol)

Penelitian telah menunjukkan bahwa risiko relatif terkena stroke iskemik diturunkan dengan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang. Namun, masih belum jelas apakah manfaat tersebut berasal dari alkohol itu sendiri atau anggur merah khususnya, yang mengandung polifenol terkenal yang disebut resveratrol.

Satu studi menemukan peningkatan signifikan dalam konsentrasi BDNF pada tikus yang diobati dengan resveratrol, yang menempatkan anggur merah pada daftar makanan yang membantu pemulihan stroke. Tanyakan kepada dokter Anda apakah segelas anggur sehari dapat bermanfaat bagi kondisi kesehatan Anda yang unik.

Berita Terkait
Baca Juga: