RajaKomen

Perusahaan Besar Perlu Membangun Ruang Server, Inilah Persiapan Untuk Membangun Ruang Server

18 Okt 2020  |  643x | Ditulis oleh : Admin
Perusahaan Besar Perlu Membangun Ruang Server, Inilah Persiapan Untuk Membangun Ruang Server

Ruang server adalah komponen yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan besar, terutama perusahaan digital start up. Karena ruang server menjadi pusat pengelolaan segala arus operasional perusahaan sehingga semua aktivitas kantor terutama yang berhubungan dengan data center perusahaan dapat berjalan tanpa adanya hambatan. Ada beberapa persiapan yang penting untuk dilakukan untuk membangun Ruang Server perusahaan.

  • Ukuran Ruang Server

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat ruang server perusahaan adalah luas ruang tersebut. Dan pada umumnya, makin besar suatu perusahaan maka akan semakin luas juga ukuran ruang servernya. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan besaran aplikasi dan data yang harus disimpan. Contohnya Bank, tentunya bank harus memiliki ruang server yang lebih luas dibandingkan dengan restoran karena bank harus menyimpan dan mengamankan semua database transaksi , data nasabah, arus keuangan dan lain sebagainya.

  • Fire Alarm System

Fire alarm system atau sistem deteksi kebakaran wajib diletakkan da dalam ruang server apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran akibat korsleting listrik. Agar server tidak rusak saat kecelakaan terjadi, gunakan pemadan jenis gas tabung.

  • Tingkat Keamanan Tinggi

Ruang server adalah pangkalan data center yang menyimpan segala informasi yang berhubungan dengan operasional perusahaan, termasuk salinan data-data rahasia. Oleh karena itu ruangan ini harus dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi agar tidak sembarang orang dapat masuk.

  • Pendingin Ruangan yang Cukup

Untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk, guanakan pendingin ruangan  standing AC yang blowernya terletak disisi bawah atau lantai sehingga suhu bisa dialirkan melalui raised floor. Selain itu penggunaan AC split juga masih diperlukan. Dan jangan lupa untuk menggunakan back unit yang dapat dimanfaatkan apabila sewaktu-waktu diperlukan. Pastikan indicator suhu dan kelembaban udara berada di luar ruangan sehingga bisa dicek secara rutin.

  • Instalasi Listrik Terstandar

Pastikan ruang server dibangun dengan standar instalasi listrik dan distribusi jaringan yang tinggi. Lakukan maintenance secara berkala agar kerusakan atau ketidaksesuaian pemasangan dapat diatasi segera mungkin.

  • Perangkat Rak atau Lemari Server

Perangkat rak atau lemari server dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan jangan lupa memasang perangkat khusu pada tiap rak agar data tetap aman tersimpan. Tetapi pastikan juga semuanya bisa dikontrol secara terpusat dan terintegrasi.

  • Material yang Aman

Ruang server pada umumnya memiliki tegangan arus listrik yang besar. Maka risiko terjadi korsleting juga cukup tinggi. Untuk menghindari kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya menggunakan material interior yang aman dan tidak menghantarkan arus listrik, misalnya plastic, kayu, dan kain.

  • Tegangan Data Center

Tegangan menjadi bagian yang sangat penting dalam server center. Oleh karena itu pastikan memasang tegangan yang stabil agar perangkat bisa bekerja dengan lancar. Dan kestabilan tidaknya tegangan sangat bergantung pada ketersediaan UPS. Pastikan UPS memiliki fungsi monitoring. Jika memungkinkan, pilih satu yang memiliki teknologi semacam stabilizer. Dengan begitu kerja Data Center akan lebih efisien dan maksimal.

Itulah beberapa persiapan penting yang harus dilakukan ketika akan membangun ruang server. Jika Anda membutuhkan jasa professional untuk berbagai keperluan maintenance data center perusahaan, Schneider Electric solusinya, menyediakan layanan professional. Untuk informasi lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi website Schneider Electric  Se.com sekarang.

Baca Juga: