RajaBacklink

Cara Merawat Celana Jeans Agar Awet Dalam Waktu Lama

12 Agu 2020  |  129x | Ditulis oleh : Admin
Cara Merawat Celana Jeans Agar Awet Dalam Waktu Lama

Celana jeans bisa dikatakan adalah celana sejuta umat. Karena hampir setiap orang memiliki satu atau dua celana jeans yang selalu menjadi andalan. Mungkin karena modelnya yang terasa pas ketika dipakai atau bisa juga karena warnanya yang cocok untuk dipadankan dengan berbagai busana. Celana jeans bisa menjadi item fashion yang timeless, apabila kita tahu cara merawat celana jeans yang benar.

Mencari jeans yang tepat merupakan pekerjaan yang tidak mudah, sehingga jika sudah memiliki satu maka kita ingin menggunakannya dalam waktu yang lama. lalu bagaimana cara merawat koleksi celana jeans kesayangan? Sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini beberapa trik merawat celana jeans kesayangan agar awet dalam waktu lama.

  • Cucilah celana jeans dengan menggunakan air yang hangat. Jangan mencuci menggunakan air panas atau air dingin, karena jika air terlalu pana atau terlalu dingin dapat menghalangi serat kain dan membuat kotoran menjadi lebih susah hilang.
  • Ketika mencuci jangan disikat, cukup di kucek perlahan saja. Ketika mencuci celana jeans perhatikan agar kita tidak terlalu keras saat menyikatnya. Karena sikatan yang terlalu keras bisa membuat kontur celana jeans berubah dan melar. Cukup kucek dibagian yang kotor seperlunya dan cuci dengan cara biasa. Jika mencuci dengan mesin cuci akan lebih baik karena kita tidak perlu repot mengucek celana.
  • Membalikkan bagian dalam ke luar. Jeans pada umumnya perlu dicuci setelah 10 kali pemakaian. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar untuk mencegah warna jeans luntur terlalu berlebihan dan menjadi pudar.
  • Jangan menggunakan bahan kimia untuk mencuci jeans. Ini dikarenakan bahan yang mengandung zat kimia merusak warna jeans dan membuat kualitas warnanya cepat memudar. Sebaiknya gunakan deterjen untuk mencuci karena tidak mengandung zat kimia dan khusus untuk celana jeans. Dan jangan terlalu sering mencucinya.
  • Ketika menjemur jangan menjemur celana jeans di bawah sinar matahari langsung. Karena sinar matahari dapat membuat warna jeans menjadi cepat kusam atau hilang warna aslinya. Contohnya celana jeans hitam, jika dijemur dibawah sinar matahari langsung maka warna hitamnya akan cepat pudar dan muncul warna-warna putih akibat sinar matahari.
  • Pada saat menyetrika, jangan menyeterika celana jeans dengan setrika volume panas karena dapat merusak permukaan jeans. Gunakan  volume setrika yang rendah atau menengah yang penting bisa menghaluskan permukaan jeans. Jika tetap terlihat kusut, maka cara merawat jeans adalah dengan menyetrika dalam kondisi celana terbalik bagian dalam dan luarnya. Mulai dengan menyetrika kantongnya terlebih dahulu,lalu bagian pinggang, kemudian dengan bagian kaki dan hem. Tekan setiap bagian selama beberapa detik lalu gosokkan dengan gerakan perlahan sampai licin dan rapi.
  • Gantung Jeans di lemari. Untuk menyimpan jeans, tidak disarankan menyimpan jeans dengan cara dilipat, karena dapat mengubah bentuk aslinya. Selain itu akan terbentuk garis-garis putih yang tidak diinginkan pada jeans. Setelah dicuci dan disetrika simpan jeans menggunakan hanger khusus celana.

Demikianlah cara merawat jeans agar awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: