Hijab.id

Milyarder Dunia yang Tiba-Tiba Jatuh Miskin

7 Sep 2020  |  59x | Ditulis oleh : Admin
Milyarder Dunia yang Tiba-Tiba Jatuh Miskin

Berbicara tentang menjadi orang kaya, apalagi sampai menjadi milyarder, pasti kebanyakan orang menginginkannya. Dan tentunya faktor kerja keras, hoki dan banyak hal lain turut mempengaruhi bisa tidaknya seseorang menjadi orang kaya raya sampai sekelas milyarder bahkan trilyuner.

Sayangnya, sekeras-kerasnya berusaha, masih ada faktor bernama kebiasaan, nasib serta kehendak Tuhan yang menentukan bisa tidaknya seseorang menjadi orang kaya raya. Jangankan orang yang belum kaya, yang sudah kaya sekelas milyarder dunia sekalipun bisa jatuh miskin apabila ada faktor-faktor tak terduga seperti musibah, gaya hidup yang salah, dan lain sebagainya.

Inilah sosok-sosok milyarder dunia yang tiba-tiba jatuh miskin. Tentunya kalian ingin tahu mengapa para milyarder dunia ini bisa jatuh miskin setelah susah payah meraih kekayaan dan kesuksesannya?

1. Kim Schmitz

Kim Schmitz atau Kim Dotcom dulunya  adalah salah satu milyarder dunia asal Selandia Baru dengan kekayaan mencapai 200 juta dollar. Sayangnya, sebuah musibah perampokan pada akhirnya melalap habis hampir seluruh kekayaannya. Ditambah, Kim Schmitz masih harus menghadapi gugatan pengadilan atas sebuah kasus yang menimpanya dan menuntutnya dengan besaran nominal fantastis yaitu 500 juta dollar. Waah... Ini sih sama saja dengan sudah jatuh tertimpa tangga pula.

2. Bjorgolfur Gudmundsson

Pengusaha asal Islandia ini pernah menjadi seorang milyarder dengan total kekayaan sebesar 1,1 milyar dollar Amerika. Sayangnya, setelah sebuah krisis kredit menderanya, Gudmundsson harus menelan pil pahit kebangkrutan yang mengakibatkan kekayaannya terlibas habis. Belum lagi berbagai dakwaan pengadilan atas keterlibatannya pada kasus-kasus penggelapan dan penipuan. Selain bangkrut, Gudmundsson pun masih harus dipenjara selama 12 bulan lamanya, dan membayar berbagai denda. Tak cukup sampai di sana, setelah masa tahanannya selesai, ia pun harus pergi meninggalkan negaranya tanpa membawa sepeser pun sisa kekayaan yang ia punya.

3. Scott Eyre

Scott Eyre adalah seorang atlet bisbol yang sangat berprestasi. Dari perjalanan karirnya dalam liga bisbol, Scott pun telah berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan fantastis bernilai puluhan juta dollar amerika. Sayangnya, lelaki yang satu ini tak pandai mengurus keuangan. Selain gaya hidup hedonistiknya, Scott yang tidak mengetahui pengetahuan cukup tentang investasi tergiur oleh investasi bodong dan tertipu sebanyak puluhan juta dollar. Sejak kejadian itu, Scott Eyre pun kehilangan sebagian besar hasil jerih payahnya di gelanggang bisbol dan sangat jera atas kemalangan yang menimpanya. Untungnya, pria yang satu ini tidak jatuh menjadi sangat miskin, sebab setelah musibah yang menimpanya, diketahui bahwa sisa tabungan Scott Eyre masih ada dalam nilai yang cukup besar, yaitu 13 juta dollar Amerika.

4. Willie Nelson

Dalam dunia musik country, nama Willie Nelson adalah salah satu nama paling populer dan melegenda. Musisi gaek ini telah meraih sederet penghargaan di bidang musik atas karya-karyanya yang mewarnai kancah musik country. Sayangnya, pada akhirnya ia mengalami kebangkrutan hebat ditambah berutang pajak pada dinas pajak Amerika sebesar 17 juta dollar!

Apa sebabnya? Ternyata Willie memercayakan hartanya pada orang yang salah dan membuat seluruh properti yang dimilikinya serta rekening bank miliknya harus disita oleh IRS untuk menutup utang. Tidak hanya itu, di masa tuanya, bukannya hidup santai dan menikmati hasil kerja keras dari karir musiknya, ia justru dipaksa harus membuat dua album baru yang hasil penjualannya harus diserahkan pada IRS untuk menutup utang-utangnya.

5. Sean Quinn

Sean Quinn adalah mantan orang terkaya di Irlandia yang harus terguling dari posisi milyarder dengan total kekayaan 6,5 milyar dollar amerika menuju posisi terbebani hutang sebesar 4 milyar dollar amerika dalam kurun waktus satu malam. Apa sebabnya?
Ternyata, nasib malang Sean Quin membuatnya menanamkan modal sebesar 25% dari total kekayaan keluargnya tepat sebelum krisis di Irlandia berlangsung. Terlalu percaya diri, pria ini tak hanya menanamkan aset pribadinya, namun juga aset perusahaan asuransi milik keluarganya, sehingga kedua perusahaannya harus terjerumus dalam utang milyaran dollar.

Tak cukup sampai di sana, Sean Quin juga sempat dipenjara selama 9 minggu karena dakwaan aset stripping untuk keluar dari kondisi kemiskinannya.

Nah itulah deretan milyarder dunia yang tiba-tiba jatuh miskin. Dan mereka semua bagaimana pun adalah orang yang hebat karena pernah berhasil mencapai posisi sukses materi yang begitu fantastis, juga bangkit kembali setelah badai musibah menyapu seluruh kekayaannya.

Satu pelajaran penting bahwa memang sejatinya seluruh kekayaan kita di dunia adalah titipan Tuhan dan bisa sewaktu-waktu diambil. Bersikap hati-hati, penuh syukur dan seimbang antara mencari kekayaan materi dan memupuk rasa keimanan adalah jalan agar kita selalu siap atas segala kemungkinan dalam kehidupan ini.

Baca Juga: